Biografi Chiang Kai Shek, Presiden Pertama Taiwan

Biografi Chiang Kai Shek, Presiden Pertama Taiwan

Bionfo – Prajurit, pemimpin militer, politisi sampai pada akhirnya jadi pemimpin negara. Chiang Kai Shek adalah satu diantara tokoh yang membuat histori China dan Taiwan.

Chiang Kai Shek pernah jadi Presiden Republik China pada th. 1928 sampai 1949. Dia pulalah yang membuat pemerintahan Taiwan sesudah ditaklukkan partai komunis pada 1949 sampai waktu kematiannya pada 5 April 1975.

Awal Kehidupan

Chiang Kai Shek lahir pada 31 Oktober 1887 di kota Xikou di Propinsi Zhejiang, China. Dia lahir serta di besarkan dalam keluarga yang simpel namun masih tetap dipandang mempunyai status sosial tinggi karna keturunan kelas atas.

Sang bapak, Chiang Zhaocong wafat dunia waktu Chiang Kai Shek masih tetap berumur tiga th..

Di waktu mudanya, Chiang Kai Shek yaitu seseorang prajurit serta pernah melakukan pendidikan militer di Jepang. Dia bahkan juga sempat gabung dengan Angkatan Darat Kerajaan Jepang.

Disana Chiang Kai Shek belajar langkah hidup serta mental militer yang membuatnya jadi seseorang republikan serta revolusionaris. Dia juga bercita-cita menggulingkan Dinasti Qing (Manchu) yang berkuasa di China pada saat itu.

Sampai pada th. 1911, dia mendengar berita juga akan pergerakan revolusi di China, tanah kelahirannya. Dia juga kembali untuk gabung dalam perang revolusi.

Sesudah perang selesai, Chiang pernah tersungkur dalam kehidupan kelam. Namun pada 1918, dia gabung dengan Partai Nasionalis, Guomindang yang di pimpin Dokter Sun Yat Sen, yang sekalian juga akan jadi gurunya dalam dunia politik.

Karena kekuatannya jadi prajurit yang begitu menonjol karier Chiang Kai Shek selalu menanjak sampai diakui oleh Sun Yat Sen untuk menjabat Komandan Akademi Militer Whampoa punya Partai Guomindang.

Chiang mensupport Dokter Sun yang menginginkan menjadikan satu China pasca-runtuhnya Dinasti Qing.

Sepanjang masa kepemimpinan Sun Yat Sen, komunis berkembang dengan Soviet. Namun waktu itu komunis China di terima oleh Partai Nasionalis.

Perang Saudara

Pada th. 1925, guru yang pemimpin Chiang, Dokter Sun Yat Senn, wafat dunia di waktu mimpi penyatuan China belum juga terwujud. Tempatnya digantikan oleh Chiang yang disebut calon terkuat.

Dibawah kepemimpinannya Partai Nasionalis mulai bersitegang dengan grup komunis yang selalu berkembang. Sampai pada akhirnya pecah perang saudara pada 1927. Chiang juga berkemauan menaklukkan komunis sebagai lawannya.

Satu tahun sesudah perang diawali, dia mengangkat dianya jadi pemimpin nasional Republik China pada 1928.

Chiang Kai Sek yang mempunyai latar belakang militer juga memimpin dengan keras hingga dikatakan sebagai diktator, terutama bila terkait dengan komunis.

Perang saudara melawan Partai Komunis China masih tetap selalu berjalan sampai Jepang menyerang daratan China pada 1937.

Memperoleh ancaman dari luar, ke-2 kubu kemampuan di China, nasionalis serta komunis setuju lakukan gencatan senjata serta dengan berjuang mengusir penjajahan Jepang. Pecahlah Perang Sino-Jepang II.

Jepang yang tertekan dalam Perang Dunia II, pada akhirnya akhiri penjajahannya di China sesudah kalah oleh pasukan sekutu paduan Inggris, Rusia, Amerika Serikat serta China pada 1945.

Sesudah Perang Dunia II selesai, konflik pada nasionalis serta komunis di China kembali berkobar.

Pasukan Nasionalis yang barusan didera perang melawan Jepang belum juga dapat memulihkan kemampuan tempurnya.

Dalam perang saudara yang ke-2 itu, Partai Komunis yang di pimpin Mao Zedong sukses menghimpit pasukan nasionalis sampai mengusirnya keluar dari lokasi daratan China.

Pemerintahan Taiwan

Chiang serta beberapa pendukungnya mengambil keputusan keluar sesaat serta geser ke pulau Formosa (Taiwan) pada 1949, dengan maksud juga akan kembali disuatu waktu untuk merebut kembali daratan China.

Sesaat Partai Komunis yang berkuasa di Daratan China membuat Republik Rakyat China dengan pemimpinnya Mao Zedong pada 21 September 1949.

Di Taiwan, Chiang membangun kembali Republik China dengan pusat pemerintahan di Taipei serta mengangkat dianya jadi presiden pada 1 Maret 1950.

Sepanjang menggerakkan pemerintahan di Taiwan, Chiang selalu membuat kemampuan militernya dengan maksud menginvansi kembali lokasi daratan China sekalian memperkuat pertahanan serta bersiap mencegah serangan pasukan komunis.

Di waktu awal pemerintahan di Taiwan, Chiang Kai Shek memimpin dengan keras serta seringkali menindak masyarakat yg tidak sepakat dengan pemerintahan nasionalis yang digerakkan partainya.

Namun bersamaan dengan saat, Chiang Kai Shek mulai lakukan perubahan serta mempunyai tujuan menyejahterakan rakyat Taiwan. Pada masa th. 1970-an, Taiwan yang di pimpin Chiang Kai Shek jadi negara Asia dengan perkembangan ekonomi yang cepat.

Akhir Kehidupan

Pada th. 1975, pas 26 th. sesudah geser ke Taiwan dengan pendukungnya yang tersisa, Chiang wafat dunia di umur 87 th..

Sebagian bln. sebelumnya wafat, Chiang alami serangan jantung serta menanggung derita radang paru-paru, sampai pada akhirnya wafat karna tidak berhasil ginjal pada 5 April 1975.

Walau pernah dikatakan sebagai diktator, wafatnya Chiang jadi rasa sedih semua rakyat Taiwan. Waktu berkabung nasional diberlakukan sepanjang sebulan.

Jenazah sang diktator disimpan didalam satu peti mati yang terbuat dari tembaga serta dikebumikan di Cihu, distrik Daxi, kota Taoyuan, yang berada di baratdaya Taiwan.

Tempatnya digantikan wakilnya Yen Chia Kan yang cuma memeruntah sepanjang tiga th., menggunakan waktu kepresidenan Chiang. Pada masa pemimpinan Yen Chia-ka inilah didirikannya pagoda yang menjadi sumber insprirasi permainan dragon tiger, Pagoda Dragon Tiger. Dalam penentuan setelah itu, jabatan presiden dihuni putra Chiang Kai Shek, Chiang Ching Kuo, yang memimpin Taiwan sepanjang dua periode pada 1978 sampai 1988.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s